Museum Affandi, Melihat Karya Seni Sang Pelukis Legendaris Asal Yogyakarta

Museum Affandi

 

Museum Affandi - Bukan hanya sebagai gudang ilmu, Yogyakarta disebut istimewa juga karena terkenal sebagai gudang wisata. Bagaimana tidak, berbagai jenis destinasi wisata bisa kalian temukan di kota gudeg ini. Bukan hanya wisata alam, namun wisata kuliner, sejarah hingga budaya juga ada di Yogyakarta. Salah satunya adalah Museum Affandi. Mungkin namanya masih kalah tenar dengan museum lain di Jogja seperti Museum Soeharto. Tapi, bagi pecinta karya seni, tentu museum ini sudah tidak asing lagi dan wajib dikunjungi. 

Tentang Museum Affandi 

Affandi adalah sosok pelukis terkenal pada masanya. Ia termasuk salah satu pelukis top asli Indonesia, tepatnya dari kota Yogyakarta. Karya-karya seninya sudah terkenal bahkan hingga ke manca negara. Itulah kenapa dibuatkan museum dengan nama yang diambil dari nama dirinya. Ya, Museum Affandi Yogyakarta adalah sebuah tempat yang mengajak kalian menjajaki kehidupan sang pelukis terkenal, Affandi, melalui karya-karya seninya. 

Awalnya, tempat ini merupakan Galeri I hasil rancangan Affandi sendiri. Bangunan ini dibuat dari hasil penjualan karya-karya lukisannya. Galeri I selesai dibangun di tahun 1962 yang kemudian diresmikan oleh Prof. Ida Bagus Mantra di tahun 1974. Pada tahun 1987, dimulailah pembangunan Galeri II yang dibiayai oleh pemerintah setelah presiden saat itu, Soeharto, melakukan kunjungannya. Beberapa tahun berselang, Galeri II pun diresmikan oleh Menteri Pendidikan & Kebudayaan saat itu, Prof. Dr. Fuad Hasan. 

Di tahun 1999, Yayasan Affandi mendirikan Galeri III yang kemudian diresmikian setahun berselang oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai gubernur Daerah istimewa Yogyakarta saat itu. Terakhir adalah dibangunnya Galeri IV di tahun 2002. Galeri IV ini menjadi tempat istimewa di Museum Affandi karena memamerkan karya-karya lukisan dari keluarga Affandi. Dengan 4 galeri tersebut, kini tempat tersebut menjadi museum yang cukup ramai dikunjungi oleh turis baik lokal maupun manca negara setiap harinya. 

Lokasi Museum Affandi 

Museum yang memamerkan lukisan-lukisan Affandi ini lokasinya sangat strategis. Bagaimana tidak, museum ini berlokasi di dekat beberapa kampus, hotel dan pusat perbelanjaan yang memang ramai dikunjungi banyak orang. Jadi, wisatawan tak akan kesulitan menemukan lokasi museum ini. Alamatnya ada di Jalan Solo atau juga dikenal dengan jalan Laksda Adisucipto km 5.1 no 167 Yogyakarta. Lokasi ini tepat berada di depan kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta atau di samping KFC jalan Solo. Lebih spesifik lagi, lokasi Museum Affandi ini berada di tepi sebelah barat dari Sungai Gajah Wong. Perlu diketahui, area sungai tersebut masih menjadi pemukiman kumuh beberapa warga Yogyakarta. 

Rute Museum Affandi 

Jika kalian dari arah barat, maka kalian tinggal menuju jalan Solo. Setelah melewati Lippo Mall, sekitar 200 meter lagi ke arah timur maka kalian akan menemukan museum ini di sebelah kiri atau utara jalan. Begitu juga jika kalian dari arah utara, maka silahkan menuju jalan Gejayan atau jalan Affandi. Setelah pasar Gejayan, silahkan belok ke kiri beberapa ratus meter hingga sampai ke lokasi museum. Dari arah selatan, kalian bisa menuju arah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Setelah pertigaan lampu merah UIN, silahkan belok ke kanan dan beberapa meter lagi lokasi museum ini sudah terlihat di kiri jalan. Jika kalian berangkat dari arah timur, maka silahkan menuju ke barat hingga melewati Ambarukmo Plaza atau yang sering disebut Amplaz. Untuk menuju ke lokasi Museum Affandi, kalian masih harus ke barat terus dan setelah pertigaan lampu merah UIN balik arah ke timur lagi hingga sampai ke lokasi museum.

Dapatkan paket wisata jogja murah di: https://www.kartanesia.com

Untuk menuju museum ini, ada banyak cara yang bisa ditempuh baik menggunakan kendaraan pribadi, angkutan umum maupun kendaraan lainnya seperti ojek online yang saat ini sudah menjamur di kota-kota besar termasuk Yogyakarta. Dari bandara Adisucipto, kalian bisa mencari taxi atau ojek untuk menuju ke lokasi museum. Alternatif lain adalah menggunakan Trans Jogja dan turun di halte sebelah barat pertigaan lampu merah UIN Sunan Kalijaga. Untuk yang ingin menggunakan kendaraan pribadi namun belum pernah mengunjunginya, kalian juga bisa meminta petunjuk dari Google Maps melalui ponsel kalian. 

Harga Tiket Museum Affandi

Tertarik mengunjungi museum yang keren ini? Sebelumnya, kalian harus tahu dulu kapan jam bukanya. Kalian bisa mengunjungi museum ini setiap hari kecuali hari Minggu dan tanggal merah atau hari libur. Untuk jam buka, museum ini buka mulai dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore. Jadi, pastikan kalian mengunjungi museum ini pada waktu yang sudah ditentukan di atas agar tidak salah jadwal. 

Untuk biaya masuk Museum Affandi, ada 5 jenis atau kategori. Pertama adalah untuk anak-anak yakni sebesar Rp 10.000. Untuk orang dewasa, maka tiket masuknya adalah Rp 20.000. Itu semua berlaku untuk turis lokal. Bagaimana untuk turis manca negara atau warga negara asing? Untuk WNA, biaya masuk yang dikenakan adalah sebesar Rp 50.000. Jika kalian masuk dengan membawa kamera DSLR atau sejenisnya, maka biaya masuknya adalah Rp 20.000 namun jika hanya membawa kamera HP maka biaya masuknya Rp 10.000. 

Fasilitas-fasilitas Museum Affandi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Museum Affandi menampilkan karya-karya seni berupa lukisan dari sang pelukis terkenal, Affandi. Jadi, fasilitas utama dari museum ini adalah beberapa galeri yang sudah dijelaskan sebelumnya. 

Mulai dari Galeri I, beberapa barang berharga Affanda selama masa hidupnya dipajang di sini. Salah satunya adalah mobil Colt Gallan 1976 warna kuning kehijauan yang sudah dimodifikasi seperti bentuk ikan. Kemudian, ada juga sepeda onthel kuno yang terlihat mengkilap. Reproduksi patung karya dari Affandi yang berupa potret diri dengan Kartika, putrinya, juga bisa dilihat di galeri ini. 

Beralih ke Galeri II, kalian bisa melihat berbagai lukisan dari beberapa pelukis, mulai dari pemula hingga senior. Galeri ini memiliki 2 lantai di mana lantai 1 memamerkan lukisan-lukisan abstrak sedangkan lantai 2 memamerkan lukisan-lukisan dengan corak realis. 

Galeri III tak kalah menarik dengan ciri khas bangunan yang berbentuk garis melengkung. Selain itu, atapnya berbentuk seperti pelepah daun pisang. Galeri III ini merupakan gedung serba guna yang memiliki 3 lantai. Lantai 1 untuk ruang pameran dan lokasi Sanggar Gajah Wong, tempat anak-anak mengasah bakat dalam melukis. Lantai 2 digunakan untuk ruang perawatan & perbaikan lukisan. Lantai bawah tanah merupakan tempat penyimpanan koleksi lukisan. 

Tak hanya itu saja, Museum Affandi juga memiliki menara yang bisa digunakan untuk melihat panorama museum, jalan raya & sungai Gajah Wong. Ada juga café di lantai bawah yang menjajakan berbagai makanan & minuman. Kalian juga bisa mendapatkan paket tour dan wisata ke museum ini melalui www.citytour.id. Deskripsi: Museum Affandi adalah sebuah museum di Yogyakarta yang memamerkan karya-karya lukis Affandi. Selain beberapa galeri, terdapat juga café dan menara untuk melihat panorama sekitar.

Postingan Populer