Candi Prambanan Tempat Wisata Sejarah yang Patut Di Kunjungi

Candi Prambanan

Anda ingin berlibur yang menyenangkan dan paket liburan jogja mengenal sejarah? Candi Prambanan salah satu pilihan yang tepat. Pada Candi ini terdapat peninggalan sejarah yang perlu kita ketahui guna mengenang sejarah bangsa ini. maka dari itu ketika berkunjung ke Candi Prambanan, Anda bisa berlibur sambil belajar tentang hal-hal yang bersejarah.

Sudah waktunya Anda dapat mengetahui sejarah dan hal yang menarik  dari Candi Prambanan. Nah pada kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai Candi Prambanan. Mulai dari sejarah, lokasi, aktivitas yang dapat Anda lakukan  dan terakhir tarif masuk. Untuk itu mari baca artikel ini sampai selesai ya.

Sejarah Candi Prambanan yang Perlu diketahui

Sebelum Anda berlibur ke Candi Prambanan Anda bisa mengetahui sejarah singkat dari candi Prambanan. Candi Prambanan merupakan candi peninggalan kerajaan hindu budha.

Dahulu candi ini dibangun dengan tujuan sebagai tempat untuk memuliakan dewa Siwa. Candi Prambanan sering disebut sebagai candi siwa. Pembangunan candi dimulai pada tahun 850 masehi. Kemudian berlanjut hingga beberapa raja, mulai dari raja Lokapala hingga raja Balitung.

Di dalam candi terdapat arca siwa yang ditempatkan pada ruang utama candi. selain itu terdapat candi-candi kecil di sekitar Candi Prambanan. Sehingga rental mobil matic lepas kunci di jogja candi ini sering disebut sebagai seribu candi. Candi ini tidak difungsikan lagi sejak tahun 930 masehi. Awalnya karena dampak letusan gunung berapi hingga gempa sehingga menyebabkan candi tersebut runtuh.

Setelah runtuh dan hilangnya candi ini akhirnya candi ini ditemukan kembali oleh orang Belanda, saat itu Belanda menjajah indonesia pada tahun 1733. Kemudian pada tahun 1855 dilakukan pembongkaran dan pemulihan candi ini. Renovasi tetap dilakukan hingga candi itu benar-benar bagus hingga akhirnya dilindungi oleh UNESCO dan menjadi tempat wisata populer di indonesia dan dunia.

Nah inilah penjelasan singkat mengenai sejarah dari Candi Prambanan. Untuk mengetahui bentuk dan sejarah tentang candi ini, Anda bisa langsung berkunjung ke lokasinya.

Lokasi Wisata Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak di Jl. Raya Solo -Yogyakarta No.16, Desa Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, yogyakarta. Anda dapat

Aktivitas yang dapat dilakukan

Anda dapat  melakukan aktivitas menarik berikut ini:

Belajar tentang sejarah candi 

Ketika Anda berkunjung ke Candi Prambanan, Anda akan mengetahui sejarah dari candi ini. kemudian akan dijelaskan secara detail oleh pemandu atau petugas yang ada di Candi Prambanan ini.

Bersepeda

Selain belajar Anda juga bisa berkeliling sekitar candi dengan menggunakan sepeda. Di sekitar candi ada yang menyewakan sepeda untuk bisa Anda gunakan untuk berkeliling candi. Biaya sewa sepeda hanya Rp. 20.000.

Berkeliling menggunakan kereta

Selain menggunakan sepeda tersedia juga kereta yang bus jogja dapat digunakan untuk keliling di wilayah candi. Anda hanya membayar Rp. 10.000 sudah bisa berkeliling di wilayah candi.

Mengunjungi museum

Selain candi utama di dekat Candi Prambanan terdapat juga museum yang didalamnya terdapat macam-macam benda peninggalan sejarah.

Olahraga memanah

Anda juga bisa melakukan olahraga memanah. Di wilayah candi disediakan tempat khusus untuk olahraga memanah. Tarifnya hanya Rp.12.000.untuk 12 kali lemparan.

Memberi makan rusa

Di sekitaran candi juga terdapat rusa yang dilestarikan. Anda bisa bermain dengan memberikan makan rusa. Untuk tarifnya hanya Rp. 2000. Anda bisa merasakan sensasinya bagaimana memberikan rusa yang lucu.

Bermain ditaman

Candi Prambanan juga memiliki taman yang bisa digunakan untuk bermain. Terdapat macam-macam permainan di taman Prambanan ini. selain permainan juga pemandangannya sangat indah.

Menonton film sejarah dan juga film 4D

Anda dapat menonton film seperti bioskop di prambanan. Film yang ditampilkan sudah 4D dengan layar yang sangat lebar lebih lebar dari bioskop. Tarif untuk menonton film ini biasanya Rp. 35.000 per orang.

Mengabadikan momen dengan berfoto

Berfoto adalah hal yang sangat wajib ketika kita berwisata ke Candi ini karena tempatnya unik dan bagus, sehingga sangat cocok untuk kenang-kenangan atau sebagai update status di sosial media.

Wisata ke Candi Prambanan memang sangatlah seru, banyak aktivitas yang dapat dilakukan serta mendapatkan pengalaman baru tentang sejarahnya. Maka dari itu segera untuk berkunjung ke Candi Prambanan. Jangan lupa untuk mengajak keluarga dan teman-teman supaya liburannya semakin seru.

Info tempat wisata jogja populer lainnya:



Postingan Populer